Sukses

Jokowi Terbang ke Filipina Hadiri KTT ASEAN

Ada beberapa isu yang akan dibicarakan Jokowi dan Duterte.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan bertolak ke Filipina hari ini. Rencananya, Jokowi akan menghadiri beberapa kegiatan, salah satunya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Jokowi dijadwalkan berangkat ke Filipina pada Jumat (28/4/2017) sekitar pukul 09.15 WIB. Presiden beserta rombongan akan terbang melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Manila.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, Jokowi akan memenuhi undangan dari Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Setelah itu, Jokowi juga menghadiri KTT ASEAN yang akan diselenggarakan pada 29 April 2017.

Ada beberapa isu yang akan dibicarakan Jokowi dan Duterte. Salah satu yang utama adalah soal konektivitas kedua negara.

"Peningkatan konektivitas untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan, baik dalam rangka bilateral atau di kawasan," kata pria yang kerap disapa Tata ini.

Kemudian isu maritim dan perbatasan juga diharapkan selesai tahun ini. Pemberantasan lintas batas termasuk narkoba, terorisme, kerja sama ekonomi perdagangan dan kerja sama keamanan maritim juga akan dibicarakan.

Lawatan itu juga akan menghasilkan dua buah nota kesepahaman, salah satunya MoU Indonesia-Filipina di bidang pertanian.

"MoU kerja sama pertanian meliputi pertukaran ahli, penelitian bersama dan joint working group dan (MoU kedua) fokusnya sea connectivity," pungkas Tata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.