Sukses

Kapolda Metro Jaya Minta Pemkot Depok Memperbanyak Jumlah CCTV

Dia mengatakan, kamera pengawas yang terpasang di Kota Depok terbilang sedikit. Baru ada 60 titik yang tersebar di 11 kecamatan.

Liputan6.com, Depok - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan meminta Pemerintah Kota Depok memperbanyak kamera pengawas atau CCTV. Menurut dia, CCTV terbilang efektif membantu polisi mengungkap tindak pidana kejahatan.

Dia mengatakan, kamera pengawas yang terpasang di Kota Depok terbilang sedikit. Baru ada 60 titik yang tersebar di 11 kecamatan.

"Makasar paling maju. Di sana ada ribuan CCTV. Bahkan, dapat menjangkau hingga empat kilometer, dan bisa di-zoom," ucap Iriawan di acara Depok Police Expo, Margocity, Depok, Jawa Barat Kamis (27/4/2017).

Menurut Kapolda, kamera pengawas atau CCTV merupakan alat yang sangat penting. Ada beberapa kasus yang berhasil diungkap berkat bantuan CCTV, antara lain kasus pembunuhan satu keluarga di Pulomas.

"CCTV secara cepat akan merekam semua peristiwa yang terjadi disekitarnya," ujar Iriawan.

Untuk itu, dia menyarankan Wali Kota Depok membuat kebijakan. Setiap mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), warga diimbau memasang kamera pengawas.

"Saya usulkan Bapak Wali Kota supaya gedung-gedung dilengkapi CCTV," tutup dia.

Pada kesempatan yang sama dia juga memuji kegiatan Depok Police Expo yang digelar Polresta Depok. Bahkan, jenderal bintang dua itu akan membuat peraturan agar acara semacam ini diselenggarakan setiap tahun.

"Masyarakat menjadi paham dan bisa melakukan banyak hal. Terima kasih kepada Polresta Depok yang telah mengadakan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada pihak-pihak yang membantunya," ujar Iriawan.

Dia meminta siapa pun nanti yang mempimpin Polresta Depok diwajibkan menyelenggarakan kegiatan Depok Police Expo.

"Saya akan buatkan peraturan. Siapa pun kapolresnya harus ada kegiatan Depok Police ini. Saya minta untuk dilakukan setiap tahun," pinta Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini