Sukses

Mendongeng Sembari Menunggu Waktu Berbuka

Berbagai cara dilakukan untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadan. Satu di antaranya kegiatan mendongeng anak Ramadan untuk menunggu waktu berbuka.

Liputan6.com, Banyumas: Saat Ramadan, Imung, seorang ustaz yang juga berprofesi sebagai guru sekolah menengah pertama di Kota Purwokerto, Jawa Tengah, mempunyai kesibukan khusus, yakni mendongeng. Saat ditemui, Jumat (27/8), ustaz Imung mengatakan bahwa dirinya menggunakan sarana mendongeng agar memudahkan anak-anak menerima pelajaran ilmu agama dan pengetahuan yang diberikan.

Setiap jam empat sore, sang ustaz sudah siap menghibur para santri, terutama anak-anak. Cerita yang diusung ustaz Imung adalah cerita yang bernapaskan islami, seperti kisah-kisah nabi dan rasul, serta kegiatan sosial kemasyarakatan. Di sela-sela mendongengnya, tak jarang ustaz Imung selalu menyelipkan humoran segar. Tak aneh, bila selama acara mendongeng keliling ini berlangsung, suara gelak tawa selalu tersirat di bibir para santri.

Acara ini diharapkan dapat mengisi waktu luang anak-anak dengan kegiatan yang bermanfaat. Selain mengisi waktu berbuka, menurut ustaz Imung yang terpenting dari kegiatan ini adalah membuat anak-anak tidak merasa jenuh dalam menunggu waktu berbuka. Dengan mengumpulkan sedikitnya 50 anak, dongeng ustaz Imung ini sudah dapat didengarkan. Para pendengar pun tak perlu mengeluarkan uang karena acara dongeng sukarela ini tanpa dipungut biaya sepeser pun.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini