Sukses

Safari Ramadan BNP2TKI di NTB

Setelah melalui rangkaian kegiatan di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, serta Banten, pelaksanaan Safari Ramadhan III Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), 19-29 Agustus 2010, diteruskan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Liputan6.com, Mataram: Setelah melalui rangkaian kegiatan di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, serta Banten, pelaksanaan Safari Ramadhan III Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), 19-29 Agustus 2010, diteruskan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan Safari Ramadhan di NTB dimulai pada Kamis (26/8), dengan mengunjungi Kabupaten Sumbawa. Di wilayah tersebut, Safari Ramadhan tahun ketiga bertema, "Kualitas TKI yang Bermartabat", itu melakukan sejumlah acara di antaranya dialog bersama Muspida Pemerintah Kabupaten Sumbawa di kantor Bupati Sumbawa, terkait koordinasi pelayanan TKI antara BNP2TKI dengan Pemda.

Dialog dihadiri Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat berikut rombongan Safari Ramadhan, Sekretaris Kabupaten Sumbawa Mahmud Abdullah, unsur pemerintah daerah yang terikat dalam penempatan maupun perlindungan TKI, mantan TKI, dan keluarga TKI. Kemudian dilanjutkan pertemuan atau dialog, utamanya sosialisasi penempatan dan perlindungan TKI dengan calon TKI/TKI, mantan TKI, dan keluarga TKI di Desa Leseng, Moyo Hulu, Sumbawa, melibatkan jajaran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumbawa, perangkat kecamatan, serta desa. Termasuk meninjau langsung rumah-rumah keluarga TKI untuk menyapa keberadaannya, sekaligus berdialog sekitar anggota keluarga TKI dari Desa Leseng yang bekerja di luar negeri.

Pada acara itu rombongan Safari Ramadhan juga meninjau hasil karya (produk) usaha mantan TKI asal Desa Leseng berupa kain tenun/sarung, produk olahan makanan, hasil kerajinan produksi golok ataupun pisau, dan sebagainya. Setelah Desa Leseng, rombongan Safari Ramadhan berada di Desa Karang Diman untuk kembali berdialog dengan kepala desa, unsur Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumbawa, mantan TKI, dan keluarga TKI. Kepala BNP2TKI sempat melakukan video call/pembicaraan jarak jauh melalui telepon dan gambar yang disambungkan lewat internet, dengan TKI yang bekerja di Arab Saudi serta Hongkong. Di desa itu pula Jumhur Hidayat meluncurkan program Mahnetik alias Rumah Internet Tenana Kerja Indonesia yang dikelola para pendamping pemberdayaan TKI/mantan TKI.

Sementara itu, pada 27-29 Agustus, rombongan Safari Ramadhan BNP2TKI menyelenggarakan rangkaian acara dimulai kegiatan bersama Gubernur NTB, TGHM.Zainul Majdi di kantor Gubernur NTB, Jumat (27/8) berikut jajaran pemerintah provinsi guna meningkatkan sinerji dan koordinasi pelayanan TKI yang lebih baik sekaligus optimal. Kepala BNP2TKI usai itu memberi kuliah umum di hadapan civitas academica Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Mataram, mengenai peluang kerja di luar negeri bagi tenaga formal perawat/medis, diteruskan meninjau kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) yang dibentuk pemerintah provinsi bekerjasama BNP2TKI.

LTSP NTB adalah pusat kegiatan terpadu untuk pelayanan TKI yang mudah, murah, cepat, dan aman, dengan menyatukan berbagai unit pelayanan TKI di pemerintah daerah (provinsi--atau kabupaten/kota) dalam satu unit perkantoran. LTSP dapat menyelesaikan satu proses sekaligus dalam menangani keperluan dokumen calon TKI/TKI yang akan berangkat ke luar negeri, sehingga CTKI/TKI tidak perlu bertele-tele karena birokrasi LTSP bekerja secara efisien serta efektif. Dari LTSP rombongan Safari Ramadhan BNP2TKI melakukan acara lain yaitu kunjungan/dialog dengan pihak media daerah terkait penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri, di samping sosialisasi program-program BNP2TKI untuk melayani TKI.

Safari Ramadhan III BNP2TKI juga mengadakan kegiatan penyambutan kepulangan TKI dari Malaysia di Bandara Selaparang, Mataram. Masih di Bandara Selaparang, rombongan meninjau outlet/counter pelayanan TKI khususnya TKI yang baru tiba dari luar negeri. Pelayanan counter TKI itu juga dibangun kerjasama BNP2TKI dan pemerintan provinsi NTB.

Kegiatan safari lalu dilakukan di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur selama satu hari penuh, Sabtu (28/8). Seperti sebelumnya, kegiatan di dua tempat itu diisi dialog/pertemuan dengan calon TKI/TKI, mantan TKI, keluarga TKI, masyarakat, serta jajaran Dinas Tenaga Kerja setempat, selain peninjauan program pemberdayaan ekonomi untuk mantan TKI.

Pada Minggu, 29/8, rangkaian kegiatan Safari Ramadhan BNP2TKI di Provinsi NTB berakhir secara keseluruhan, dengan menyelesaikan dua kegiatan yaitu peninjaun sarana pemeriksaan kesehatan calon TKI/TKI yang akan berangkat ke luar negeri. Pada hari terakhir itu, Kepala BNP2TKI juga melepas sejumlah TKI formal yang akan bekerja di Amerika Serikat asal NTB.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini