Sukses

Ini yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN 2017

Setelah dinyatakan lolos verifikasi data akademik, peserta SNMPTN tadi dinyatakan diterima sebagai mahasiswa PTN tujuan.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 diumumkan hari ini mulai pukul 14.00 WIB.

Pengumuman itu dapat diakses di situs http://pengumuman.snmptn.ac.id dan beberapa situs Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Setelah dinyatakan lolos SNMPTN 2017, ada beberapa tahapan yang wajib dilakukan.

"Status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan akan ditentukan berdasarkan hasil verifikasi data akademik," ujar Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2017 Ravik Karsidi di Gedung Kemenristek Dikti, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Data yang akan diverifikasi meliputi, rapor, portofolio asli, serta menunjukkan ijazah atau surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli. Verifikasi data itu akan dilakukan oleh PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

"Kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 16 Mei 2017 menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa PTN," kata dia.

Setelah dinyatakan lolos verifikasi data akademik, peserta SNMPTN tadi dinyatakan diterima sebagai mahasiswa PTN tujuan. Namun syarat itu tidak berlaku bagi peserta SNMPTN yang juga sebagai peserta beasiswa Bidikmisi.

"Selain verifikasi data, PTN tujuan juga wajib melakukan verifikasi data ekonomi atau kunjungan ke alamat tinggal orangtua peserta Bidikmisi SNMPTN 2017 untuk menetapkan penerimaan sebagai mahasiswa," ucap Ravik.

Syarat dan ketentuan registrasi ulang harus dilihat di website atau laman masing-masing PTN tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    SNMPTN

  • SNMPTN 2017