Sukses

Sikap JK soal Wacana Anies Baswedan Akan Bertemu Jokowi

Sebelumnya Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan telah menemui JK pasca-memenangkan Pilkada DKI Jakarta versi hitung cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau Wapres JK enggan berspekulasi terkait hubungan Jakarta dengan Pemerintah Pusat selepas Pilkada DKI 2017 putaran kedua.

Apalagi Anies Baswedan yang merupakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), memenangkan Pilkada DKI versi hitung cepat lembaga survei.

Jusuf Kalla menjelaskan, semuanya masih menunggu penetapan resmi dari KPU DKI Jakarta.

"Saya kira, hubungan itu nanti sudah jelas, kalau Anies sudah ditetapkan oleh KPU. Baru dia bisa mengadakan pembicaraan-pembicaraan formal dengan Presiden," kata Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Hubungan Gubernur dengan pemerintah pusat, jelas dia, bukan hal yang khusus dan biasa. Artinya hubungan itu sama seperti pemimpin daerah lainnya.

"Gubernur, hubungan biasa. Gubernur itu wakil pusat," ucap Jusuf Kalla.

Karena itu, ia mengatakan, dalam waktu dekat ini, Anies Baswedan belum pantas bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sebab status Anies masih belum resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau sekarang kan (Anies) masih calon gubernur belum gubernur, belum terpilih (resmi)," pungkas Kalla.

Sebelumnya calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla pascamemenangkan Pilkada DKI Jakarta versi hitung cepat pada Kamis 20 April 2017. Anies mengatakan, pertemuan itu hanya silaturahmi.

"Silaturahmi biasa. Pak JK bukan orang lain. Beliau orangtua kita dan hubungannya panjang. Saya ketemu ya sebagai pribadi saya dan dengan pribadi Pak JK. Karena itu di rumahnya, sarapan pagi," ujar Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu, 21 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini