Sukses

Vlog, Cara Jokowi Berkomunikasi dengan Anak Muda

Belakangan ini, Jokowi memang cukup aktif mengunggah vlognya di akun Facebook dan YouTube pribadinya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai banyak cara untuk berkomunikasi dengan masyarakat, terutama anak muda. Salah satunya melalui media sosial. Ajang ini dianggap paling efektif dalam menyosialisasikan program pemerintah.

"Lebih efektif lagi apabila kita menggunakan media sosial. Sebab itu, sekarang ini dalam menyampaikan program pemerintah, saya juga menggunakan video blog (vlog) dalam berkomunikasi dengan anak-anak muda," ujar Jokowi di Purwakarta, Selasa (25/4/2017).

Melalui vlog, Jokowi dapat melakukan tanya jawab untuk menggali masalah-masalah di lapangan kepada generasi muda.

Belakangan ini, Jokowi memang cukup aktif mengunggah vlognya di akun Facebook dan YouTube pribadinya. Dalam sejumlah vlog terbarunya, Presiden Joko Widodo sengaja melibatkan para generasi muda untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui cara mereka sendiri.

"Saya kira cara berkomunikasi seperti ini penting agar kita bisa menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah, program apa yang telah diselesaikan dan sedang berjalan. Cara-cara seperti itu yang akan bisa menjelaskan perkembangan setiap program sehingga komunikasi kita dengan anak-anak muda dan rakyat selalu terhubung," Jokowi melanjutkan.

Jokowi menerangkan vlog yang dibuatnya sering kali muncul secara spontanitas terhadap apa dilihat di lapangan. Ia mencontohkan proses pembuatan vlog di Waduk Sei Gong di Batam, Kepulauan Riau, yang diunggahnya pada 31 Maret 2017 lalu.

"Spontan, kadang-kadang kan kita ke lapangan. Misalnya waktu ke waduk Sei Gong kok pekerjanya banyak sekali. Saya tanya dari mana asal mereka, ada yang dari Medan, Tanjung Pinang, Balikpapan, Makassar, NTT, macam-macam. Langsung spontan saat itu saya buat vlognya," ucap dia.

Tentu vlog yang dibuatnya bersama para pekerja di Waduk Sei Gong saat itu bukan hanya formalitas belaka. Ada tujuan yang hendak dicapai dari aktivitas tersebut yang mungkin belum disadari masyarakat.

"Untuk menunjukkan bahwa yang bekerja di situ dari Sabang sampai Merauke dan setiap proyek itu pasti akan membuka lapangan pekerjaan baru," ungkap [Jokowi].(2885751 "")

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.