Sukses

Ceramah Tentang Ibu, Dedi Mulyadi Buat Jemaah Termehek-mehek

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi didapuk menjadi penceramah dalam acara Peringatan Isro Mi'raj di Mesjid Agung Ciwidey.

Liputan6.com, Jakarta Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi didapuk menjadi penceramah dalam acara Peringatan Isro Mi'raj atau dalam tradisi Sunda dikenal sebagai Rajaban di Mesjid Agung Ciwidey, Kabupaten Bandung Jawa Barat, Selasa (18/4).

Tema tentang Ibu menjadi bahasan dominan yang Dedi sampaikan dalam ceramah di depan tak kurang dari lima ribu jemaah tersebut. Ia menceritakan pengalaman hidup Ibunya dalam mendidik dan membesarkannya.

"Tanpa gelar sarjana, tanpa kuliah, tanpa bersekolah, Ibu saya mendidik saya dan delapan saudara saya yang lain hingga semuanya meraih gelar sarjana. Itulah sejatinya kecerdasan seorang Ibu," terang Dedi.

Dalam kehidupan, tambah Dedi, seringkali kebodohan terjustifikasi kepada orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Padahal menurutnya, orang yang tanpa pendidikan tetapi mampu mendidik anak-anak dengan baik adalah orang cerdas yang sebenarnya.

"Orang tua dulu, punya anak sikapnya sopan-sopan. Artinya mereka berhasil mengajarkan tatakrama kepada anak-anaknya, Ibu kita dulu pakai rasa, pakai hati sehingga dekat dengan Allah SWT. Lihat bagaimana anak-anak kita sekarang? Masya Allah," kata Dedi lirih.

Suasana haru menyeruak karena kelirihan penyampaian materi ceramah yang dilakukan oleh Dedi Mulyadi. Nenah (47) merupakan salah satu jemaah yang terlihat terisak saat mendengarkan ceramah tersebut.

Saat dimintai keterangan usai acara, Nenah mengatakan bahwa ceramah Bupati Purwakarta tersebut membuatnya teringat pada almarhumah Ibunya yang sudah meninggal beberapa tahun yang lalu.

"Gak kuat nahan air mata, saya jadi ingat Ibu saya, dulu Ibu saya harus berjuang membesarkan saya dan kedua adik saya," tukas Nenah.

Ingatan Nenah pun kembali mengingat kisah Ibunya yang terpaksa harus menjadi buruh tani dalam rangka menjadi tulang punggung keluarga.

"Tadi itu sama persis dengan Kang Dedi, Ibu saya juga buruh tani, karena itulah saya jadi nangis," pungkasnya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sendiri hadir dalam acara tersebut atas undangan tokoh masyarakat dan pengurus mesjid setempat. Ia hadir dengan mengenakan kemeja putih lengkap dengan peci hitam. 



(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.