Sukses

Ratusan Warga Berebut Sembako Gratis

Mahalnya harga kebutuhan pokok membuat ratusan warga miskin di Trenggalek, Jatim, rela antre dan berdesakan untuk mendapatkan sembako gratis.

Liputan6.com, Trenggalek: Ratusan warga di Trenggalek, Jawa Timur, rela antre dan berdesak-desakan hanya untuk mendapatkan sembako gratis dari Gubernur Jatim, Selasa (24/8). Banyaknya warga miskin yang antre membuat sejumlah orang tua terjepit. Beruntung polisi yang ada di tempat pembagian sigap dan mendahulukan para orang tua mengambil bagian terlebih dahulu.

Pembagian sembako gratis ini dilakukan di seluruh wilayah di Jatim menyusul tingginya harga kebutuhan pokok. Di Kabupaten Trenggalek, sekitar lima ribu paket disediakan untuk warga miskin. Setiap paket berisi beras, mi instan, minyak dan gula. Diharapkan agenda serupa sering digelar untuk membantu warga miskin yang dihimpit kemiskinan terutama di daerah terpencil.

Di Pekalongan, Jawa Tengah, ratusan warga miskin juga saling berdesakan berebut makanan sesaji di Kelenteng Po An Thian. Bahkan sebagian warga rela menunggu dari pagi padahal sesaji baru dibagikan selepas upacara ritual Cioko atau sembahyang arwah selesai dilakukan tengah hari.
 
Ritual sembahyang arwah ini memang selalu dinanti oleh masyarakat miskin di sekitar Kelenteng karena biasanya dilanjutkan dengan pembagian sembako gratis sepekan kemudian.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini