Sukses

Gerindra: Rekonsiliasi Pasca-Pilkada DKI Tak Hanya Tingkat Elite

Rachel mengatakan program 100 hari dilakukan 2 tahap, yaitu 100 hari pertama setelah ditetapkan oleh KPUD dan 100 hari setelah pelantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil penghitungan suara (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memastikan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Salah satu program yang diusung pasangan ini adalah target 100 hari mempersatukan kembali masyarakat Indonesia yang terpecah karena perbedaan pilihan di Pilkada.

Politikus Partai Gerindra Rachel Maryam mengatakan pihaknya mendukung apa yang ditargetkan Anies-Sandi. Menurut Rachel, rekonsiliasi tak hanya dilakukan tataran elit, tetapi juga hingga ke tataran masyarakat. 

"Ini dilakukan berjenjang sampai ke bawah. Dalam program 100 hari akan menjalin silaturahmi dan komunikasi dari elite-elite sampai ke bawah," ujar Rachel Maryam dalam sebuah diskusi di Warung Daun Cikini Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2017).

Rachel mengatakan program 100 hari tersebut akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu 100 hari pertama setelah ditetapkan oleh KPUD dan 100 hari setelah Anies-Sandi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI.

Dia pun berharap agar kondisi yang sudah hangat pasca-Pilkada DKI Jakarta antara dua pihak tidak perlu diperkeruh.

"Itu hal wajar dalam dinamika politik, tidak selalu dibesar-besarkan. Sikapi dengan santai, anggap Pilkada sudah usai. Mari perbaiki hubungan yang sempat renggang," ujar Rachel.

Seperti diketahui, pada 20 April 2017, sehari setelah pilkada, Anies Baswedan menemui Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

Video Terkini