Sukses

Mensos: Semoga Teladan Kartini Bisa Hadir dalam Kehidupan Nyata

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kartini kembali diperingati pada Jumat ini. Kelahiran sosok wanita yang dianggap sebagai pencetus persamaan derajat pria dan wanita itu diperingati setiap tanggal 21 April. Lantas, apa pandangan wanita masa kini tentang Kartini?

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa punya pandangan tersendiri soal sosok Kartini. Dia menyebut, Kartini merupakan wanita yang berpikir out of the box dan tidak lumrah dalam perjuangan sebagai perempuan.

"Dia melakukan penjangkauan, pemikiran dan interaksi di luar zamannya, di luar tradisi, di luar culture, yang mengungkungnya," kata Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis 20 April 2017.

Dari situ, Kartini menanamkan pembelajaran yang penting bagi perempuan Indonesia. Bila terus berusaha pasti bisa mencapai tujuan. Dan Kartini berhasil merasionalisasi seluruh pemikiran besarnya sehingga bisa berperan lebih dari perempuan kebanyakan pada zaman itu.

"Dia diberi kesempatan tidak hanya untuk belajar tapi juga untuk mengajar, dia juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan akademisi, intelektual dan orang-orang penting tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri," imbuh dia.

Ketua Muslimat NU itu berharap semangat Hari Kartini bisa diterapkan para wanita Indonesia di zaman sekarang ini. Sehingga perempuan Indonesia terus maju dan sejahtera.

"Untuk seluruh perempuan Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Kartini, mudah mudahan apa yang sudah diteladankan oleh Kartini bisa hadir dalam kehidupan nyata, bisa memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh perempuan Indonesia untuk terus belajar dan lebih produktif lagi, mudah mudahan perempuan Indonesia sehat sejahtera semua," pungkas dia.

Artikel Selanjutnya
Kekaguman Sri Mulyani pada Sosok Kartini
Artikel Selanjutnya
Makna Hari Kartini Buat Menteri Susi