Sukses

Menkumham: Khataman Alquran untuk Membina Iman Napi

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 50 ribu narapidana di seluruh Indonesia mengikuti acara khataman Alquran. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan, acara tersebut rangka membina keimanan dari para warga binaan.

"Itu dalam rangka membina keimanan dari masing-masing warga binaan kita di lapas maupun rutan, kita mengajarkan anak-anak kita untuk mengaji," ujar Yasonna di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (20/4/2017).

Dia berharap, bekerja sama dengan Nusantara Mengaji yang dipimpin Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, para warga binaan dapat menunjukkan kualitasnya kepada dunia luar.

"Ini program yang sangat baik sekali. Maka kita mau mulai juga. Kita mau tunjukkan dunia luar bahwa anak-anak yang di dalam ini juga adalah orang-orang yang bisa mengaji, soleh, bisa menjadi warga yang taat, bisa menjadi warga yang betul-betul menjalankan agamanya dengan benar," papar dia.

Menteri dari PDIP ini berharap, program Nusantara Mengaji tidak hanya sampai pada acara khataman kali ini saja. Tetapi, bisa dijadikan kegiatan rutin para narapidana sehingga kemampuan membaca Alquran makin lancar dan menjadi orang yang lebih baik.

"Dengan dia melakukan itu (mengaji), mau tidak mau dia akan menjadi a new person yang menjadi semakin baik ke depannya," kata dia.

Yasonna yakin, apabila para narapidana mampu mengaji dengan baik, maka mereka tidak akan meninggalkan salat wajib lima waktu, begitu juga dengan puasa. "Jadi ini yang kita lakukan, ini bagian dari revolusi mental," pungkas Yasonna Laoly.

Artikel Selanjutnya
Ketika Teroris Bom Bali Bertemu Gubernur Ganjar Pranowo
Artikel Selanjutnya
92 Ribu Narapidana se-Indonesia Dapat Remisi Hari Kemerdekaan