Sukses

Stok Darah di Gorontalo Habis

Manajer Kualitas UTD Gorontalo Linda Olii mengungkapkan, sejak awal Ramadan yang lalu pihaknya tidak memiliki satu kantung pun persediaan darah.

Liputan6.com, Gorontalo: Persediaan darah di Gorontalo sejak awal Ramadan hingga kini masih kosong. Manajer Kualitas Unit Transfusi Darah Kota Gorontalo Linda Olii mengungkapkan, sejak awal Ramadan yang lalu pihaknya tidak memiliki satu kantung pun persediaan darah.

"Instansi-instasi pemerintah yang biasanya kami andalkan kini enggan ketika ditawarkan kegiatan donor darah. Namun, ini bisa dimaklumi karena puasa," ujar Linda, Sabtu (21/8). Akibatnya, pasien yang butuh darah harus menyediakan pedonor sendiri. "Apa boleh buat, hanya itu jalan satu-satunya," katanya.

Dia mengatakan, krisis persediaan darah di wilayah itu tidak hanya terjadi pada setiap Ramadan, namun juga pada hari-hari biasanya. Pihaknya kerap kali kekurangan persediaan darah yang hanya diandalkan dari kegiatan donor darah atau dari segelintir pedonor tetap.

Padahal selama ini, UTD Kota Gorontalo menjadi rujukan dari hampir seluruh rumah sakit dan puskesmas Kabupaten di wilayah itu, saat membutuhkan darah.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini