Sukses

Tradisi Semaan, Khusyuknya Membaca Quran

Sepotong demi sepotong ayat-ayat Quran dilafalkan. Tujuannya, agar jemaah yang mengikuti tradisi semaan di Masjid Kauman, Semarang, Jateng bisa memahami maknanya.

Liputan6.com, Semarang: Selepas salat zuhur ada tradisi religius berlangsung di Masjid Kauman, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (21/8). Jemaah, kebanyakan kaum tua, berkumpul untuk mendengarkan ayat per ayat Quran. Sepotong demi sepotong ayat mengalun merasuk ke hati pendengarnya.
 
Inilah bagian dari tradisi semaan, sebuah kebiasaan menyimak dan membaca Quran. Tradisi ini digelar setiap bulan Ramadan. Selain sebagai pengisi waktu sambil menunggu bedug buka, jemaah yang menyimak merasa mendapat fadhilah atau keutamaan ayat bagi kehidupan rohaninya.
 
Peran lakonan-lakonan selama semaan digelar menjadi daya tarik tersendiri. Tradisi ini dijalani warga Semarang dan sekitarnya sebagai bentuk pengamalan ibadah puasa Ramadan.(OMI/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.