Sukses

Melihat Kemegahan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jakarta Barat

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari itu rencananya diresmikan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari telah rampung. Rencananya masjid itu diresmikan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Meski telah rampung, di masjid yang terletak di depan atau dekat kawasan Rusunawa Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat, itu tampak masih ada beberapa pekerjaan yang belum selesai.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Sabtu, 15 April 2017, pembangunan taman di sisi kiri dan dan kanan belum rampung.

Sementara itu, banyak ruangan yang terlihat di Masjid Raya itu. Beberapa ruangan serba guna tersedia untuk dapat dimanfaatkan dalam menggelar acara.

Untuk menuju tempat salat, jemaah harus melewati tangga. Sebelum menaiki anak tangga itu, foto almarhum KH Hasyim Asy'ari terpampang bersama maket masjid.

Masuk ke tempat untuk beribadah, karpet merah terpampang luas menghiasi ruangan. Selain itu, suasana dingin juga dirasakan lantaran dalam ruangan itu menggunakan air conditioner dan bukan kipas angin.

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Daan Mogot, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Hiasan berbentuk segitiga juga terlihat megah. Bukan hanya itu, ada ruangan atas yang juga bisa digunakan untuk beribadah.

Masjid yang dibangun sejak era Jokowi masih menjadi Gubernur DKI itu dipercepat sehari. Dari semula 16 April 2017 menjadi 15 April 2017 atau hari Minggu ini.

Masjid Raya ini berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektare, memiliki dua lantai, dengan luas bangunan hampir 17 ribu meter persegi. Daya tampung masjid ini mencapai 16 ribu jemaah.

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Daan Mogot, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Rencananya selain Presiden Jokowi, juga hadir Plt Gubernur DKI Sumarsono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin. Selain itu, juga KH Salahuddin Wahid yang datang mewakili keluarga KH Hasyim As'yari.

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Daan Mogot, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.