Sukses

Mukena Traveling dengan Aneka Warna

Erwin Kusmarini sukses membuat mukena warna yang dilengkapi tas kecil dan biasanya diperuntukkan bagi para pemudik yang sedang melakukan perjalanan.

Liputan6.com, Klaten: Busana untuk salat atau mukena ternyata tidak hanya berwarna putih saja. Ada juga mukena aneka warna yang cukup menarik. Mukena jenis ini dilengkapi dengan tas kecil dan biasanya diperuntukkan bagi para pemudik yang sedang melakukan perjalanan.

Salah satu pembuat mukena warna-warni terdapat di Desa Jemawan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Erwin Kusmarini mengaku pada awalnya hanya coba-coba membuat model mukena traveling dengan aneka warna. Namun akhirnya diterima di pasaran seperti Bandung dan Semarang.

Selama Ramadan, permintaan mukena warna meningkat hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. Setiap minggu produksi mencapai seribuan mukena. Erwin mengatakan, harga mukena jenis ini bervariasi antara Rp 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenis dan variasinya.

Untuk membuat mukena traveling warna bermula dengan membuat pola dari kain berwarna. Setelah pola dipotong dilanjutkan dengan proses penjahitan mukena serta pemasangan berbagai aksesoris. Supaya lebih menarik, di beberapa bagian mukena diberi hiasan bunga.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.