Sukses

Fidel Castro Kembali Jadi Sorotan

Setelah Fidel Castro menghadiri sidang resmi dan berpidato di gedung Parlemen, kini nama mantan pemimpin Kuba tersebut menjadi sorotan bagi masyarakat.

Liputan6.com, Havana: Fidel Castro, Pemimpin Revolusi Kuba, kini kembali menjadi sorotan setelah berpidato di gedung parlemen beberapa waktu yang lalu. Pemimpin karismatik Kuba ini menjadi tokoh kunci dalam beberapa peristiwa dunia yang paling penting dalam abad kedua puluh.

Castro dicintai dan dikagumi oleh banyak orang di dunia sebagai seorang revolusioner besar yang melawan hegemoni Amerika Serikat dan mengejar idealisme sebuah masyarakat egaliter dengan perawatan kesehatan gratis dan pendidikan universal bagi warga Kuba.

Seperti dilansir dari sebuah media lokal pada Rabu (18/8), Castro menuliskan, "Saya tidak akan pernah berubah. Saya akan tetap setia kepada prinsip-prinsip dan etika. Saya telah berlatih sejak menjadi seorang revolusioner."

Revolusioner yang terkenal karena kebiasaan merokoknya ini memimpin Kuba selama 48 tahun setelah revolusi 1959. Kemudian ia menyerahkan kekuasaannya kepada adiknya Raul Castro, empat tahun lalu karena masalah kesehatan.

Namun, setelah lama tidak hadir, Castro kembali ke kehidupan publik saat menghadiri sidang resmi dan berpidato di gedung Parlemen Kuba di Ibukota Havana pada Sabtu (8/9) silam [baca: Fidel Castro Tampil Sentil AS dan Israel].(Xinhua/AYB)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.