Sukses

Program Kesundaan Dedi Mulyadi Mendapat Dukungan Kapolda Jabar

Kapolda Jawa Barat Irjend Pol Anton Charliyan menyampaikan dukungan penuh atas program berkebudayaan Sunda yang digagas Dedi Mulyadi.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Jawa Barat Irjend Pol Anton Charliyan menyampaikan dukungan penuh atas program berkebudayaan Sunda yang tengah digalakan di Purwakarta sejak Tahun 2008 lalu. Sejak lama ia mengaku tertarik dengan program berbasis kebudayaan dan ingin belajar secara langsung kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

“Kedatangan saya kesini ingin belajar tentang Kesundaan, mungkin Pak Bupati Purwakarta bisa mengajari saya,” kata Anton usai acara silaturahmi jajaran Kapolda Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang digelar Kamis (6/4) di Bale Maya Datar Purwakarta.

Pembangunan berbasis kebudayaan menurut Anton, merupakan pengamalan terhadap nilai-nilai kebhinnekaan yang dianut oleh bangsa Indonesia. Untuk menggarap pembangunan ini sampai akhir kata dia, dibutuhkan konsistensi kepala daerah dalam mengawal setiap kebijakan yang ia tetapkan.

“Saya mendukung konsistensi Bupati Purwakarta dalam memperjuangkan budaya Sunda. Prinsip ini adalah pengamalan kebhinnekaan, karena kebudayaan adalah kekayaan kita yang harus kita jaga,” katanya menambahkan.

Bukan hanya konsistensi, mantan Kapolda Sulawesi Selatan itu pun menegaskan, Kepala daerah harus memiliki keberanian dalam memajukan local genius yang ada di wilayahnya. Sebagai contoh, Sunda memajukan kebudayaan Sunda, Jawa memajukan kebudayaan Jawa, Maluku memajukan kebudayaan Maluku.

“Kepala daerah harus berani seperti ini, ini kewajiban bagi seluruh anak bangsa,” tandasnya.

Menanggapi dukungan Kapolda Jabar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berterima kasih dan mengamini seluruh paparan Anton. Dalam pertemuan tersebut, kedua tokoh Sunda itu pun terlihat akrab dan memiliki visi yang sama tentang kesundaan.

Menurut Dedi, langkah yang dia lakukan di Purwakarta merupakan bagian dari pembangunan berbasis kearifan lokal. Oleh karena Purwakarta merupakan daerah yang secara kultur termasuk ke dalam kebudayaan Sunda. Maka Dedi memilih kesundaan untuk diterjemahkan ke dalam visi dan program pembangunan di wilayahnya.

“Pembangunan kesundaan itu harus terlihat dalam seluruh bidang, mulai dari arsitektur sampai pola pelayanan kepada masyarakat,” kata Dedi.

Tradisi masyarakat Sunda zaman dahulu, sedang dihidupkan kembali di Purwakarta, Dedi mencontohkan “beras perelek”, konsep tata kelola lingkungan hingga arsitektur yang hari ini sudah berhasil diterapkan di Purwakarta.

“Tradisi masyarakat Sunda di masa lalu itu coba kita hadirkan kembali,” pungkasnya.

Dedi memberikan Patung Menong dan sejumlah buku tentang kesundaan yang menjadi buah pemikirannya selama jadi Bupati.

Sebelum bertolak untuk beristirahat, Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan sempat memberikan kenang-kenangan berupa Kujang yang menjadi simbol kewibawaan Sunda kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Sementara itu, Dedi memberikan Patung Menong dan sejumlah buku tentang kesundaan yang menjadi buah pikirnya selama menjabat sebagai Bupati.

Powered By:

Kabupaten Purwakarta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.