Sukses

Kasus Suap di Bakamla, KPK Periksa Pejabat Bakamla

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Badan Keamanan Laut (Bakamla), Eko Susilo Hadi sebagai tersangka.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Deputi Informasi Hukum dan Kerja Sama Badan Keamanan Laut (Bakamla), Eko Susilo Hadi. Eko merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pengadaan satelit monitoring di Bakamla.

"ESH (Eko Susilo Hadi) akan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap di Bakamla," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta Selatan, Kamis (13/4/2017).

Eko diduga mendapat suap dari suami dari artis Inneke Koesherawati, Fahmi Dharmawansyah. Fahmi diduga menyuap pejabat Bakamla itu agar mendapat proyek pengadaan tersebut. Suap diberikan melalui anak buahnya, Muhammad Adami Okta dan Hardy Stefanus.

KPK telah menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan suap di Bakamla ini. Lima tersangka adalah Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla, Eko Susilo Hadi serta tiga pejabat PT Mertial Esa yakni Fahmi Dharmawansyah, Hardi Stefanus, Muhammad Adami Okta, dan satu orang tersangka baru yaitu Kabiro Perencanaan dan Organisasi di Bakamla Nofel Hasan.

Ketiga pejabat PT ME sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU 31 Tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah pada UU 20 Tahun 2001 jo 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Untuk Eko Susilo sebagai penerima suap, KPK menyangkakan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 tahun 2001.

Nofel Hasan diduga bersama-sama menerima hadiah dan janji. Diketahui atau patut diduga, dia menerima hadiah untuk melakukan dan tidak melakukan sesuatu terkait jabatannya yang tidak berkaitan dengan kewenangannya dalam pengadaan satelit di Bakamla pada APBN 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini