Sukses

Banjir Tak Kunjung Surut, Evakuasi Terhambat

Hujan yang terus mengguyur Cina memicu banjir baru. Evakuasi terhadap para korban banjir pun tidak mudah karena derasnya arus.

Liputan6.com, Sichuan: Hujan deras yang terus mendera Cina, Rabu (18/8), membuat banjir tak kunjung surut. Upaya mengevakuasi warga yang terkepung banjir menjadi tak mudah. Arus deras menyulitkan tim penyelamat untuk mengevakuasi warga yang terisolasi akibat banjir.

Satu tim penyelamat dan seorang reporter televisi nyaris terseret arus banjir. Hal ini terjadi ketika mereka tengah menyusuri wilayah pegunungan mencari warga yang terjebak di desa-desa terpencil di Dujiangyang, Provinsi Sichuan.

Di Kota Zhouqu, Provinsi Gansu, hingga hari ini, tim penyelamat masih bekerja keras membersihkan kota yang rusak parah akibat terhantam longsor. Sebanyak 31 rumah yang sudah rusak berat terpaksa dirobohkan seluruhnya agar tak menimbulkan bencana baru.

Sementara itu, 1.000 lebih warga Kota Zhouqu tewas ketika hujan deras memicu longsor di kota ini pada 8 Agustus silam. Hampir 500 orang tak diketahui nasibnya pascabencana ini [baca: Banjir di Cina Renggut 39 Korban].

Sebelum longsor Zhouqu, di seluruh Cina tercatat 1.500 orang tewas akibat badai serta banjir dengan kerugian akibat kerusakan mencapai miliaran dolar Amerika Serikat.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini