Sukses

Dewan: Banyak Potensi Debitur KUR di Papua

Anggota Komisi XI DPR Indah Kurnia melakukan kunjungan ke Pasar Hamadi dan Youtefa di Jayapura, Papua.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi XI DPR Indah Kurnia mengatakan, banyak potensi debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Papua. Menurutnya, potensi itu yang harus disambut positif oleh perbankan karena masyarakat Papua memiliki etos kerja cukup tinggi.

“Saya bertemu pedagang di Pasar Hamadi dan Pasar Youtefa Papua. Ada yang hanya menjual kangkung seharian bisa dapat Rp 300 ribu sehari. Ada juga yang menjual ayam sampai raturan ekor setiap harinya. Itu sesuatu potensi untuk digarap (menjadi debitur KUR),” kata Indah, usai peninjauan Pasar Hamadi dan Pasar Youtefa di Jayapura, Papua, Jumat (7/4) lalu.

Namun sangat disayangkan, jelas politisi F-PDI Perjuangan itu, potensi itu malah ditangkap oleh para rentenir atau bank-bank perkreditan yang menarik bunga tinggi. Tentu itu memberatkan masyarakat, khususnya para pedagang.

“Memang ada bank-bank yang tidak familiar. Tapi seandainya disandingkan dengan KUR, pasti mereka (pedagang) akan mendapatkan untung lebih besar dan lebih sejahtera selama visibility usahanya bisa terjamin. Perbankan kan bisa lihat,” jelas Indah.

Indah menilai, mungkin masih kurang masifnya edukasi maupun sosialisasi mengenai program KUR, sehingga masih banyak pedagang atau masyarakat yang belum menjadi debitur KUR.

“Untuk itu, saya tadi meminta BRI untuk mencatat pedagang-pedagang pasar yang potensi dibiayakan dengan menggunakan skema KUR agar mereka bisa mendapatkan hasil lebih baik,” imbuh Indah.

Dengan pembiayaan KUR kepada usaha masyarakat, ia pun berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Indeks Pembangunan Masyarakat Papua, meningkatkan literasi keuangan di Papua, dan menekankan semakin tingginya tingkat kebutuhan konsumtif. Untuk itu, ia meminta sosialisai KUR harus ditingkatkan.

“Sosialisasi kurang masif. Buktinya banyak pedagang yang tidak tahu. Untuk itu, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan harus turun ke lapangan, banyak yang tercover KUR. Tapi KUR harus disalurkan dengan tepat, bukan hanya lomba-lomba menyerap plafon, terserap secara efektif dan produktif,” pesan politisi asal dapil Jawa Timur itu.

Kunspek yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI M. Prakosa (F-PDI Perjuangan) itu juga diikuti oleh beberapa Anggota Komisi XI DPR, diantaranya Hendrawan Supratikno (F-PDI Perjuangan), Tutik Kusuma Wardhani (F-PD), Junaidi Auly (F-PKS), Anarulita Muchtar (F-Nasdem), Amir Uskara (F-PPP), dan Nurhayati (F-PKB).

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini