Sukses

Jokowi Puji Penataan PKL Teras Cihampelas Bandung

Jokowi meminta setiap daerah mengembangkan potensi mereka masing-masing.

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Teras Cihampelas, Bandung, Jawa Barat. Ikon baru kota Bandung ini menjadi tempat berkumpulnya pedagang kaki lima (PKL).

Selama peninjauan, Jokowi didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Jokowi memgapresiasi pola penataan kota yang berbeda di Bandung. Pemerintah Kota Bandung bisa menyiasati keterbatasan lahan dengan inovasi dan bermanfaat bagi masyarakat utamanya PKL.

"Saya kira ini sebuah penghargaan yang sangat baik terhadap pedagang kaki lima. Penataan dan penempatannya juga ditata sangat rapi. Ini juga menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan," kata Jokowi di lokasi, Rabu (12/4/2017).

Teras Cihampelas memang baru diresmikan pada 4 Februari 2017. Setelah dibuka, tempat ini jadi buah bibir karena konsepnya yang berbeda dengan lokasi PKL lainnya.

Teras Cihampelas pada dasarnya merupakan sebuah jembatan khusus pejalan kaki hampir 500 meter dan lebar sekitar 7 hingga 8 meter itu. Jembatan ini didesain sedemikian rupa sehingga tetap nyaman bagi pejalan kaki meski PKL berdagang di sepanjang jembatan.

"Itu tentu saja akan semakin menarik pembeli untuk datang ke sini," ungkap dia.

Jokowi meminta setiap daerah mengembangkan potensi mereka masing-masing. Pembangunan daerah juga harus fokus pada keunggulan yang dimiliki daerah. Dan Teras Cihampelas membuktikan Bandung sudah memaksimalkan potensi itu.

"Kekuatan di Bandung adalah di barang-barang suvenir, cendera mata, serta fesyen seperti kaos, jaket, dan tas. Saya kira kekuatannya di situ dan itu tampak di Teras Cihampelas ini. Kuliner juga tadi penyajiannya dengan warung atau kios yang ditata rapi dan bersih. Saya sangat menghargai sekali," jelas Jokowi.

Jokowi ingin, konsep semacam ini bisa ditetapkan di semua daerah di Indonesia. Pemerintah harus pandai mencari solusi atas keterbatasan lahan yang tak bisa dihindari.

"Ini sebuah model penataan PKL yang baik, sebuah contoh penataan kota yang baik, bagi kota yang sudah tidak memiliki lahan untuk penataan. Saya kira kota-kota yang lain bisa melihat. Meniru itu kan paling mudah. Datang, dilihat, dan tiru," pungkas Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.




[vidio:[12 April 19:00] Live Streaming Debat Pamungkas Pilkada DKI 2017]()

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini