Sukses

Seskab: Indonesia Negara ASEAN Pertama Dikunjungi Wapres AS

Selain diterima Jokowi, Pence juga akan diterima oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan kembali menerima kunjungan kenegaraan pada bulan ini. Pada 20 April mendatang, Jokowi akan menerima kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, Pence akan datang ke Indonesia sehari setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) putaran kedua. Selain oleh Jokowi, Pence juga akan diterima oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

"Wakil Presiden Amerika Serikat memang akan datang ke Indonesia, rencananya akan diterima oleh Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 20 April. Jadi satu hari setelah Pilkada DKI," ‎ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Menurut Pramono, saat ini Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar AS di Indonesia masih melakukan persiapan terkait hal-hal ‎‎yang akan dibicarakan dalam kunjungan kenegaraan tersebut.

"Dan apa yang menjadi, agenda pembicaraan kemudian poin-poin utama sedang dipersiapkan oleh Ibu Menteri Luar Negeri beserta dengan kedutaan Amerika," kata dia.

Namun demikian, lanjut dia, selama ini Indonesia dipandang sebagai negara mitra strategis bagi AS. Sebab Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang dikunjungi oleh pimpinan AS pasca ‎terpilihnya Donald Trump dan Mike Pence sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS.

"Tapi yang jelas adalah Indonesia dipandang sebagai negara yang sangat strategis oleh Indonesia karena ini kunjungan pimpinan Amerika pertama ke negara Asia dan Australia, yang dikunjungi adalah Korea Selatan, Jepang, Indonesia, dan Australia. Ini menunjukkan bahwa Indonesia dianggap sebagai sebuah negara yang strategis," tandas dia.

Pramono juga memastikan kunjungan Pence ke Indonesia tidak ada kaitannya dengan perintah investigasi ‎terhadap negara-negara yang dianggap sebagai penyebab defisit perdagangan AS.

"Oh, enggak. Itu kan utusan dagang," tandas Pramono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi