Sukses

Bertemu Menko Polhukam, IOM Bahas Nasib Pengungsi di Indonesia

Sejauh ini, menurutnya, pemerintah Indonesia telah melakukan hal yang benar dengan para pengungsi dan pencari suaka.

Liputan6.com, Jakarta - International Organization for Migration atau Organisasi Internasional untuk Migrasi atau pengungsi (IOM) hari ini, menyambangi kantor Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Wiranto. Pertemuan berlangsung tertutup.

Kepala Misi IOM Mark Getchell mengatakan, dalam pertemuan tersebut membahas kerja sama dengan Indonesia. Selain itu, juga melihat sikap pemerintah terkait pengungsi dari luar negeri dan para pencari suaka.

"Kami hanya membicarakan soal kerja sama yang telah kami jalin. (Juga bicarakan), sikap pemerintah yang terkait pengungsi dan pencari suaka," ucap Getchell di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Sejauh ini, menurutnya, pemerintah Indonesia telah melakukan hal yang benar dengan para pengungsi dan pencari suaka.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan hal yang benar, mengizinkan mereka diproses sebagai pengungsi, menerima mereka dengan tangan yang terbuka," jelas Getchell.

Namun dalam pertemuan tersebut, ia menjelaskan, juga dibahas masalah penempatan para pengungsi yang belum berjalan dengan cepat. Karena itu, ia mengharapkan segera dicarikan solusinya.

"Proses penempatan pengungsi memang melambat di banyak negara dengan banyaknya jumlah pengungsi saat ini. Itu memang menjadi masalah yang harus dicari solusinya, mencari tempat untuk pengungsi," kata Getchell.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.