Sukses

KH Ma'ruf Amin: Lewat Istigasah, Memohon Agar Bangsa Tak Terpecah

Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur Ali Masyhuri mengatakan, istigasah ini sebagai bentuk demo para kiai atas kondisi bangsa.

Liputan6.com, Sidoarjo - Rais Aam atau Dewan Penasihat PBNU KH Ma'ruf Amin berharap, cobaan yang sedang dihadapi bangsa ini segera dihapuskan oleh Allah SWT dan Indonesia dijadikan wilayah yang aman damai sejahtera lahir batin.

"Semoga segala cobaan yang dihadapi ini segera dihapuskan oleh Allah SWT dan Indonesia bisa menjadi bangsa yang aman sejahtera," kata Ma'ruf saat memberikan sambutan pelaksanaan istigasah kubro dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-94 Nahdlatul Ulama di GOR Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 9 April 2017.

Ia mengemukakan, doa bersama ini juga bertujuan untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang selama ini sudah dilakukan.

"Selain itu, melalui istigasah ini untuk memohon supaya bangsa Indonesia tidak terpecah dan menjadi negara yang damai," kata dia seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, Wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Timur, Ali Masyhuri, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk demo para kiai atas kondisi bangsa.

Istigasah Kubro di GOR Sidoarjo (Liputan6.com/Istimewa)

"Kiai tidak perlu turun ke jalan, karena doa ini memiliki kekuatan yang cukup besar. Banyak hal yang seakan tidak bisa diselesaikan secara rasional, tapi mampu ditembus dengan kekuatan berdoa kepada Allah SWT," kata dia.

Kegiatan doa bersama ini diikuti ribuan peserta dari Jawa Timur. Dengan menaiki bus dan kendaraan pribadi, warga berdatangan ke lokasi istigasah di GOR Sidoarjo.

Pada kegiatan ini juga terdapat "pasukan semut" yang bertugasmemungut sampah usai kegiatan. Pasukan yang terdiri dari siswa sekolah ini bekerja dengan menggunakan tangan kosong serta sapu lidi untuk menyapu sampah bungkus makanan yang ditinggalkan peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.