Sukses

Pertama Kali, DPR & DPD Sidang Bersama

Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah akan menyelenggarakan sidang bersama untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan menyelenggarakan sidang bersama dengan agenda Pidato Kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut HUT ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sidang bersama kali ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan dalam sistem keparlemenanan Indonesia. Sidang ini akan dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8).

Sidang akan dimulai pukul 10.00 WIB hingga siang dan akan dihadiri Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono berserta istri, Ani Susilo Bambang Yudhoyono dan Herawati Boedino.

Sidang bersama bergantian diselenggarakan DPR atau DPD atau bergiliran setiap satu tahun sekali. Untuk sidang bersama yang pertama kali ini, Ketua DPR Marzuki Alie bertindak selaku ketua sidang, sedangkan tahun depan dipimpin Ketua DPD Irman Gusman.

Dalam sidang bersama ini, meja pimpinan di mimbar Ruang Rapat Paripurna di bawah Burung Garuda ditempati pimpinan DPR dan DPD. Jika diurut dari kiri ke kanan setelah kursi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah kursi para Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, Anis Matta, Pramono Anung dan Priyo Budi Santoso, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, kursi para Wakil Ketua DPD, Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan DPD Laode Ida, lalu kursi Wakil Presiden Boediono.

Di belakang mereka adalah pejabat Sekretariat Jenderal DPR dan DPD, termasuk Sekretaris Jenderal DPR Nining Indra Saleh, Sekretaris Jenderal DPD Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Sekretaris Jenderal DPD Djamhur Hidayat.

Blok kursi-kursi di depan mimbar ditempati anggota DPR dan DPD. Menghadap mimbar dari kiri ke kanan, kursi-kursi anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, anggota DPD, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, dan Fraksi Partai Hanura.

Dengan demikian, anggota DPD menempati blok kursi-kursi di tengah Ruang Rapat Paripurna.

Dengan prosesi dan posisi yang sama, untuk pertama kali pula dalam sistem keparlemenan Indonesia dilakukan Rapat Paripurna DPR dengan acara Pidato Presiden dalam rangka penyampaian Nota Keuangan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2011 yang dihadiri DPD.(MEL/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini