Sukses

Jaga NKRI, Ratusan Ribu Warga NU se-Jawa Timur Gelar Istigasah

Tujuan NU menggelar istighasah agar NKRI tetap terjaga, dan bersatu tanpa ada salah satu pihak yang mencoba untuk memecah belah.

Liputan6.com, Sidoarjo - Ratusan ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) se-Jawa Timur (Jatim) duduk bersila di Stadion Gelanggang Olahraga (GOR) Delta Sidoarjo. Hal itu terkait acara istigasah dalam rangka harlah ke-94 NU, Minggu (9/4/2017).

Acara yang digelar PWNU Jatim itu, diikuti ratusan ribu jamaah dari berbagai daerah Kabupaten/kota Se-Jawa Timur. Mulai dari PCNU, ranting NU, hingga muslimat NU.

Dengan berbekal tikar sebagai alas kaki, jamaah khusyuk mengikuti acara istighasah. Mereka berkumpul dan berdzikir di lapangan stadion, di Podium, bahkan tak sedikit yang berada di luar area GOR Sidoarjo.

Salah satu Jamaah asal Jombang, Sunardi, mengungkapkan tujuannya mengikuti istigasah tak lain untuk meningkatkan aqidah Islamiyyah seperti yang diajarkan dalam NU.

"Harlah NU tahun ini, tak lain untuk meningkatkan aqidah, terutama diri kita sendiri dan warga NU lainnya," kata dia.

Istigasah Kubro di GOR Sidoarjo (Liputan6.com/Istimewa)

Hal yang sama juga diungkapkan Mujiyono. Ia bersama 1100 jamaah NU asal Pacitan sengaja menghadiri istigasah di GOR Sidoarjo untuk menyemarakkan Harlah NU ke-94.

"Yang lebih penting, memperkuat aqidah, NU dan menjaga NKRI," ujar Mujiyono.

Ia menilai kondisi di Indonesia sudah semakin semrawut. Sebab, banyak pihak-pihak yang dengan sengaja memecah belah kesatuan NKRI, baik dengan cara mengadu domba maupun merusak aqidah.

"Makanya, tujuan digelarnya acara doa bersama ini, agar NKRI tetap terjaga, dan bersatu tanpa ada salah satu pihak yang mencoba untuk memecah belah," jamaah NU asal Pacitan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.