Sukses

Begini Pengawalan Jokowi: Tanpa Sirine dan Acungkan Jempol

Ada sejumlah prosedur yang dilakukan Paspampres dalam mengawal Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Pengawalan RI 1 menjadi hal utama untuk keselamatan Presiden Jokowi dalam menjalankan aktivitasnya. Ada sejumlah prosedur yang dilakukan Paspampres dalam melaksanakan tugas mulianya tersebut.

Dari rekaman video Biro Pers Media Istana yang diterima, Sabtu (8/4/2017), prosedur yang utama yang harus dilakukan yaitu meliputi kondisi kendaraan yang akan digunakan oleh Presiden Jokowi. Pengecekan kendaraan menjadi perhatian utama.

"Kendaraan disiapkan dari pagi, dicek kembali posisi dan kondisi kendaran kalau ada kendala dilaporkan," ucap anggota Paspampres seperti dalam rekaman video tersebut.

Kemudian, lanjut dia, Paspampres tidak diperkenankan untuk menutup ruas jalan. Sehingga membuat masyarakat menjadi terganggu.

"Tak ada penutupan jalan, mengalir seperti biasa. Jangan sampai saat mau lewat, akan mengganggu masyarakat umum," ujar dia.

Selama di jalan, para paspampres tersebut harus bersikap sopan, dan santun. Bila kondisi macet, buka jalan satu jalur.

"Tidak menggunakan sirine (dalam pengawalan Jokowi), semuanya harus santun. Acungkan jempol apabila masyarakat kasih akses sebagai tanda ucapan terimakasih," demikian anggota tersebut memberikan arahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.