Sukses

Jokowi: Akhir 2018, Jalur Tol Jakarta - Surabaya Sudah Tersambung

Selanjutnya, kata Jokowi, jalur tol Surabaya-Banyuwangi sudah selesai tahun 2019.

Liputan6.com, Semarang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau perkembangan proyek pembangunan jalan tol Bawen - Salatiga di KM +37.600, Jembatan Tuntang, Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Ruas tol tersebut merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo yang sudah bertahun-tahun terkendala masalah pembebasan lahan.

"Ini ruas Bawen-Salatiga yang sudah bertahun-tahun tidak bisa selesai karena masalah pembebasan lahan," ujar Presiden [Jokowi](Iriana Jokowi "") dalam keterangan yang diterima, Jakarta, Sabtu (8/4/2017).

Tekad kuat pemerintahan Jokowi-JK dalam membangun infrastruktur di Tanah Air mendorong para jajarannya segera menyelesaikan masalah yang menghambat pembangunan tersebut. Sehingga proyek pembangunan jalan tol berjalan sesuai rencana dan mencapai tahap konstruksi.

"Alhamdulilah tadi saya tanyakan hampir rata-rata di setiap ruas, setiap seksi 97-99 persen lahan sudah terbebaskan, artinya tadi saya sampaikan ke Menteri PU tinggal konstruksi," ungkap dia.

Walaupun demikian, proses kontruksi yang dihadapi tidaklah mudah. Mengingat lokasi pembangunan jalan tol yang berada di sekitaran bukit, membuat kontruksi berjalan cukup berat. Bahkan saat ini masih ada sekitar 140 ribu meter kubik tanah yang harus dipindahkan.

"Memang problem yang paling berat misalnya di ruas Bawen-Salatiga ini, di Tuntang memang paling berat menghadapi bukit-bukit yang memerlukan pemotongan dan membawa tanah itu menuju tempat yang lain," ucap Presiden.

Karena itu, Kepala Negara berharap seluruh ruas tol di Pulau Jawa sudah tersambung pada 2019 mendatang. Sehingga mobilitas dan aksesibilitas masyarakat di Pulau Jawa menjadi semakin mudah.

"Kita berharap insya Allah 2018 akhir Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Surabaya sudah tersambung. Dilanjutkan ke arah Timur, Surabaya-Banyuwangi juga 2019 sudah selesai, kita sambung dari ujung ke ujung di Jawa," ujar Presiden.

Hadir mendampingi Presiden [Jokowi](Iriana Jokowi "") dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.