Sukses

Jokowi: Siapa Itu Naruto?

Jokowi kembali menjawab pertanyaan para anak muda dalam #JokowiMenjawab episode kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan anak muda secara langsung kepadanya melalui video. Beberapa waktu lalu Jokowi memang membuka pertanyaan lewat kiriman video kepada anak muda dengan hastag #JokowiMenjawab.

Pada Maret lalu, Jokowi sudah menjawab pertanyaan beberapa anak muda itu pada episode pertama. Jokowi kembali menjawab pertanyaan para anak muda dalam #JokowiMenjawab episode kedua.

Dalam video yang dibagikan Jokowi lewat YouTube, seorang anak bernama Nur Hikmah dari Bone, Sulawesi Selatan, bertanya kepadanya tentang pilihan menjadi anak baik atau anak pintar.

"Menurut bapak lebih baik mana, jadi orang baik atau pintar?" tanya Nur Hikmah.

Jokowi pun mengaku kesulitan menjawab pertanyaan Nur Hikmah.

"Pertanyaannya kok menyulitkan gitu. Pilih orang baik atau orang pintar. Ya lebih baik dua-duanya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, bangsa Indonesia membutuhkan generasi yang pintar tapi memiliki etika, karakter, perilaku yang baik.

"Jadi percuma kalau pintar tapi perilakunya jelek. Misalnya kita jelekkan orang lain, mencela orang lain, menghujat orang lain. Kalau saya ya pengennya anak-anak kita pinter dan punya karakter dan kepribadian yang baik," kata dia.

Selain Nur Hikmah, seorang remaja perempuan bernama Adelia Putri juga bertanya tentang Indonesia kepada Jokowi.

"Indonesia itu, pertama besar, kedua berbudaya, dan ketiga kaya," ujar Jokowi.

Dikatakan besar, kata Jokowi, karena Indonesia memiliki penduduk 250 juta jiwa dan 17 ribu pulau. Kemudian, dapat dikatakan berbudaya karena masyarakat Indonesia terkenal kesantunannya, keramahan, dan budaya leluhur.

Sementara, Indonesia juga dikatakan kaya karena memiliki tambang batu bara, nikel, emas, hutan, dan laut yang luas.

"Tetapi kalau tidak dikelola dengan baik bisa mendatangkan bencana. Kita harus kelola dengan baik supaya bermanfaat," tandas Jokowi.

Dalam episode kedua ini, ada pernyataan seorang anak yang menggelitik.

"Siapa yang jadi Hokage ke delapan di dalam animo Naruto?" tanya Yadian.

Jokowi pun kesulitan menjawab pertanyaan Yadian.

"Saya harus ngomong apa adanya ya, saya nggak tahu itu Hokage ke delapan, Naruto itu saya nggak ngerti. Jadi tolong buatin video lagi, jelasin ke saya Hokage itu apa? Naruto itu siapa? Nanti kalau saya jawab keliru malah... saya kan nggak tahu," ujar Jokowi sambil tertawa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.