Sukses

Polri: Banyak Peretas Tertangkap dan Direkrut untuk Intelijen

Kemampuan peretas itu tidak hanya digunakan untuk kepolisian, tapi juga instansi pemerintahan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Peretas situs tiket.com, SH alias Haikal (19), yang juga pernah membobol 4.600 situs termasuk situs Korps Bhayangkara, rencananya akan direkrut pihak kepolisian. Para peretas yang ditangkap dan memiliki kemampuan itu sudah banyak yang diajak membantu kinerja polisi.

"Nggak hapal. Ada banyaklah. Mereka itu kan tertangkap juga tergantung ada yang ngelapor kan. Nyarinya susah," tutur Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri AKBP Idam Wasiadi kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Hanya saja, Idam enggan menyebutkan jumlah pasti dari peretas yang sudah membantu. Kemampuan mereka tidak hanya digunakan untuk kepolisian, tapi juga instansi pemerintahan lainnya.

"Ya rahasialah (jumlahnya). Itu untuk intelijen. Masa semua dibuka," jelas dia.

Menurut dia, perekrutan yang dimaksud itu tidaklah terkait penggunaan kemampuan yang dimiliki si peretas agar digunakan ke arah yang baik, tapi juga soal pembinaan usai menjalani masa tahanan.

"Ngerekrut ya kita bina, kita arahkan jadi anak baik. Kita rekrut maksudnya ya kalau bisa dimanfaatkan ya nggak apa-apa. Kalau bagus, potensial, daripada ikut yang nggak bener," ujar dia.

"Ya bantu bangsa lah bukan hanya Polri. Kalau sudah dimanfaatkan orang kan banyak yang gelap. Kalau jadi baik, jadi peretas putih kan bagus," ujar Idam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.