Sukses

Sebaiknya Gubernur Dipilih Presiden Saja

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan gubernur cukup dipilih Presiden berdasarkan sejumlah nama yang diusulkan DPRD.

Liputan6.com, Cilacap: Gubernur sebaiknya dipilih oleh Presiden berdasarkan nama yang diusulkan DPRD. "Ke depan direncanakan gubernur ini perpanjangan tangan pemerintah pusat. Baru bupati atau wali kota mungkin yang dapat dipilih oleh rakyat," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar di Cilacap, Sabtu (14/8).

Dengan demikian, kata dia, gubernur punya kewenangan yang nyata. "Tak seperti sekarang, kewenangannya tidak ada, kegiatannya tidak besar. Tapi proses pemilihannya terlampau mahal," kata Muhaimin. Menurut dia, wacana ini sebenarnya muncul karena keprihatinan dalam pemilihan gubernur yang terlampau berbiaya tinggi kalau dilaksanakan secara langsung.

Dalam hal ini, kata dia, seorang calon gubernur dapat menghabiskan puluhan miliar rupiah tapi kewenangannya terbatas. Terkait hal itu, dia mengatakan, analisis mengenai pemilihan kepala daerah khususnya pemilihan gubernur yang berbiaya mahal jika dilaksanakan langsung ini masih dimatangkan. "Dalam koalisi pun sudah muncul tetapi belum serius," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini