Sukses

Kata Plt Gubernur soal Lahan Proyek Kereta Bandara di Manggarai

PT KAI melayangkan surat peringatan ke warga RW 12 Manggarai, Jakarta Selatan untuk mengosongkan rumahnya hingga Minggu, 9 April 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Gubernur DKI DKI Jakarta Sumarsono menyatakan, lahan di Manggarai, Jakarta Selatan yang akan digunakan untuk proyek kereta bandara adalah milik pemerintah pusat. Hingga Pemprov DKI Jakarta tidak perlu ikut campur soal kompensasi bagi warga yang tinggal di kawasan tersebut.

"Itu hitungannya lain lagi. Jadi bisa bedakan antara mereka tidak tinggal di kawasan sungai dengan tanah milik negara. Karena itu adalah tanah milik PT Kereta Api Indonesia," ucap Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2017.

Mengenai permasalahan tersebut, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menyatakan memang seharusnya dilakukan penggusuran.

Tetapi, pria yang biasa disapa Soni tersebut menyarankan agar warga tetap memperoleh tempat tinggal yang layak.

"Jadi seperti ganti rugi gitu, tapi sebenarnya bahasanya ganti untung. Karena mereka tidak membeli tapi menempati tanah negara dan dikasih duit," jelas Sumarsono.

Sebelumnya, PT KAI melayangkan surat peringatan kepada warga RW 12 Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan untuk mengosongkan rumahnya hingga Minggu, 9 April 2017. Itu menyusul akan digunakannya kawasan tersebut untuk proyek kereta menuju Bandara Soekarno Hatta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.