Sukses

Pemprov DKI Tutup 14 Lintasan Kereta Api Sebidang

Empat dari 14 perlintasan tersebut, kata dia, yaitu di Jalan Pejompongan I, Pasar Minggu, TB Simatupang, dan Pondok Kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung uji coba penutupan perlintasan kereta api sebidang. Hal tersebut guna menjaga keselamatan dan kenyamanan warga ibu kota.

"Jadi Pemprov DKI akan tetap berikan dukungan untuk jalan keluar yang terbaik. Misalnya seperti mau ada pembangunan underpass atau yang lainnya akan kita selesaikan," ucap Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Priyanto mengatakan, penutupan 14 perlintasan kereta api di DKI Jakarta pada 2017, sudah berdasarkan surat Menteri Perhubungan kepada Gubernur DKI Jakarta Nomor KA 101/2/3PHB 2015 tanggal 15 Desember 2016.

Empat dari 14 perlintasan tersebut, kata dia, yaitu di Jalan Pejompongan I, Pasar Minggu, TB Simatupang, dan Pondok Kopi.

"Ini akan dilakukan dalam tiga tahapan, untuk tahap pertama saat ini sudah memasuki sosialisasi terakhir. Bahkan besok sudah mulai ujicoba di Jalan Pejompongan I mulai besok pukul 09.00 WIB hingga 4 Mei 2017, sambil melakukan evaluasi," ujar dia.

Priyanto menambahkan, untuk sosialisasi perlintasan kereta TB Simatupang pada 7-17 April 2017, sedangkan Pasar Minggu dan Pondok Kopi ujicoba 20-27 April 2017.

Selanjutnya, dia menambahkan, penutupan ini akan memberikan dampak pada masyarakat. Salah satunya yaitu adanya perubahan pola perjalanan.

"Jadi akan berdampak pada perubahan rute angkutan umum, waktu perjalanan meningkat, meningkatkanya volume lalu lintas pada ruas jalan alternatif. Seharusnya dapat didukung fasilitas lainnya seperti underpass," jelas Priyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini