Sukses

Waspadai Aksi Pembiusan di Parkiran Mal, Begini Imbauan Polisi

Kasus pembiusan pengunjung di parkiran mal Jakarta Selatan menjadi perhatian khusus buat para perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pembiusan oleh orang tak dikenal yang dialami Anna Yulia di parkiran mal wilayah Jakarta Selatan menjadi perhatian khusus buat para perempuan, terutama yang kerap beraktivitas seorang diri. Polisi mengimbau agar wanita lebih waspada dan menyadari kerawanan di sekitarnya.

"Artinya gini, kita yang harus peduli terhadap keselamatan jiwa dan harta benda kita," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Budi Hermanto kepada wartawan, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Budi juga mengimbau agar masyarakat terutama perempuan lebih berhati-hati saat membawa kendaraan seorang diri. Menurut dia, para pengemudi biasanya tak langsung mengunci pintu begitu masuk ke dalam mobilnya.

"Nah, itu sebaiknya kita masuk mobil langsung kunci pintu dulu baru starter mobil, jangan andalkan kunci otomatis," tutur dia.

Polisi juga mengimbau agar wanita yang membawa kendaraan sendiri mencari lokasi parkir yang tidak sepi. Lokasi parkir yang dipilih juga harus terjangkau kamera CCTV dan terpantau petugas keamanan.

"Kalau bisa manfaatkan parkir yang khusus perempuan. Biasanya lokasinya strategis dan dekat dengan pos keamanan," ucap Budi.

"Dan jika terjadi tindak pidana, bunyikan klakson untuk mengundang perhatian orang di sekitar kita. Dan juga harus segera melapor ke polisi agar segera ditindaklanjuti," sambung dia.

Peristiwa pembiusan yang menimpa Anna terjadi pada Minggu 2 Maret malam. Saat baru masuk ke dalam mobil, korban mendadak didatangi seorang pria dan membungkamnya menggunakan kain hitam yang diduga telah diberi obat bius.

Mobil tersebut diparkir di area B 18 mal di kawasan Jakarta Selatan. Aksi tersebut dipergoki sekuriti mal begitu Anna menekan klakson mobil. Pelaku pun kabur meninggalkan lokasi.

Belum diketahui motif pelaku melakukan dugaan pembiusan. Sebab, tidak ada barang korban yang hilang dalam peristiwa tersebut. Kasus ini masih ditangani penyidik Polsek Metro Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.