Sukses

Mengintip Penghasilan Tinggi Hakim Konstitusi

Posisi Hakim Konstitusi tentu saja diberikan penghasilan dan fasilitas yang lebih besar dibandingkan pejabat pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menyerahkan beberapa nama calon Hakim Konstitusi kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Nantinya, Jokowi yang memutuskan satu nama untuk dipilih menjadi Hakim Konstitusi menggantikan Patrialis Akbar yang terjerat kasus korupsi.

Berbeda dengan hakim pada umumnya, Hakim Konstitusi dan Hakim Agung adalah pejabat negara, karena mereka bertugas dan menjadi pejabat di lembaga tinggi negara. Posisi tersebut tentu saja diberikan penghasilan dan fasilitas yang lebih besar dibandingkan pejabat pada umumnya.

Jika hanya melihat gaji pokok seorang Hakim Konstitusi memang tidak terlalu istimewa. Namun, tunjangan jabatan yang didapat memiliki nilai yang sangat besar. Bahkan tunjangan tersebut bisa mencapai puluhan kali lipat gaji pokok.

Simak informasi selengkapnya mengenai apa saja yang didapat seorang Hakim Konstitusi pada infografis di bawah ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.