Sukses

Disaksikan Jokowi, Presiden Afghanistan Cium Anak Indonesia

Sampailah Jokowi dan Ghani di depan siswa berpakaian adat. Jokowi sempat menunjuk salah satu siswa yang ada di barisan itu.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani. Yang tak biasa, Ghani mencium siswa berpakaian daerah saat upacara penyambutan.

Prosesi upacara kenegaraan dimulai dari Monas. Kedatangan Ghani ke Istana Merdeka, Jakarta dikawal pasukan berkuda dan pasukan Nusantara berkain adat 34 provinsi di Indonesia.

Memasuki Istana, Ghani disambut ratusan siswa sekolah dasar yang mengenakan pakaian adat. Para siswa juga memegang bendera Indonesia dan Afghanistan berukuran kecil.

Jokowi kemudian menyambut di sisi Barat Istana Merdeka. Setelah bersalaman, keduanya menuju halaman Istana untuk mengikuti upacara kenegaraan.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara. Terdengar 21 dentuman meriam mengiringi lagu kebangsaan.

Selepas itu, keduanya memeriksa pasukan. Jokowi dan Ghani berjalan di depan pasukan Paspampres dan pasukan Nusantara.

Sampailah Jokowi dan Ghani di depan siswa berpakaian adat. Jokowi sempat menunjuk salah satu siswa yang ada di barisan itu.

Ghani kemudian menyalami siswa, lalu mengelus kepala dan berakhir dengan mencium kepala siswa. Aksi ini tidak hanya dilakukan kepada satu siswa, beberapa siswa sempat dicium kepalanya oleh Ghani.

Jokowi kemudian mengajak Ghani ke beranda belakang Istana. Keduanya terlibat Veranda Talk. Setelah itu, kedua kepala negara ini mengadakan pertemuan bilateral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini