Sukses

Hindari Kemacetan Mudik Lebaran 2017, Begini Imbauan Polisi

Royke mengatakan warga tidak perlu ragu dengan jalur mudik yang ditunjukkan petugas di lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah menyiapkan segala sarana dan prasarana, untuk menghadapi Mudik 2017. Kemacetan saat mudik lebaran sebelumnya diduga karena warga penasaran dengan jalan yang baru diresmikan pemerintah.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengimbau masyarakat agar melalui jalur yang biasa mereka lintasi saat mudik. Atau ikuti arahan petugas di perjalanan.

"Pengalaman tahun lalu memang, jangan mencari jalan yang baru atau mencari jalan sendiri. Tapi ikuti jalan-jalan yang sudah diatur oleh pemerintah, oleh kita," kata Royke di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Royke mengatakan, warga tidak perlu ragu dengan jalur yang ditunjukkan petugas di lokasi. Tidak mungkin petugas menjerumuskan. Sejak awal pasti sudah diberi tanda atau arahan jalan terbaik, terutama di Pantura dan selatan.

Saat rapat terbatas, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memang tidak banyak memberikan saran. Saat rapat, Jokowi lebih mendengarkan segala paparan yang disampaikan seluruh menteri.

"Tadi beliau banyak mendengar masukan dari para peserta rapat. Yang jelas beliau mengingatkan, harus dari awal melakukan perencanaan. Jangan dadakan. Itu saja pesannya," Royke menandaskan.

Pada Mudik 2016, banyak pemudik kendaraan pribadi lebih memilih jalur Tol Cipali yang baru diresmikan pemerintah, ketimbang melalui jalur selatan. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi di pintu keluar Tol Brebes atau lebih dikenal Brexit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini