Sukses

Calon Komisioner KPU dan Bawaslu Uji Kelayakan di DPR Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Komisi II DPR menjadwalkan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), periode 2017-2022 hari ini, Senin (3/4/2017). Masa jabatan komisioner KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 akan berakhir 12 April.

Anggota Komis II DPR Arteria Dahlan menyampaikan, pihaknya sudah mengantongi belasan nama yang akan mengikuti uji kelayakan tersebut.

"Semua calon sudah siap untuk fit and proper test. Dilakukan secara maraton dalam dua hari, untuk ke-14 calon Komisioner KPU dan ke-10 calon anggota Bawaslu," kata Arteria kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Arteria menjelaskan, hari ini Komisi II DPR menjadwalkan uji 12 calon anggota KPU pada jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kemudian pada Selasa besok 4 April, giliran dua calon anggota KPU dan 10 calon Bawaslu.

"Rencana tanggal 5 nya akan ada rapat internal lagi, sebelum hasilnya akan dibawa ke Paripurna pada tanggal 6. Jadi bisa saja tanggal 4 malam selesai, semua kumpul untuk lakukan pemilihan atau musyawarah mufakat," jelas dia.

Politikus PDIP ini menerangkan, terkait proses memilih siapa nama-namanya dan berapa jumlah yang akan terpilih di KPU dan Bawaslu, tergantung dalam rapat uji kelayakan nanti yang akan berjalan dinamis.

"Intinya sangat dinamis. Kita nikmati saja proses peradaban demokrasi ini. Sambil kita lihat dinamikanya dalam dua hari ke depan. Semuanya dilakukan secara maraton, dan sudah siap semua, nanti saya akan gali dari sisi profesionalisme," tandas Arteria.

 

Artikel Selanjutnya
Jokowi Lantik Saldi Isra dan Komisioner KPU - Bawaslu Besok
Artikel Selanjutnya
Jokowi Segera Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu Terpilih