Sukses

Terima Massa Aksi 31 Maret Pemerintah Dinilai Buat Langkah Sejuk

Jaya mengatakan apa yang dilakukan Wiranto sebagai sebuah langkah tepat untuk mendengarkan aspirasi kelompok-kelompok umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi 31 Maret yang berlangsung di Masjid Istiqlal hingga seputan kawasan Monas berlangsung aman dan tertib. Tak hanya itu, dalam aksi tersebut, pemerintah memutuskan untuk menerima perwakilan pihak pendemo. 

Langkah tersebut di apresiasi oleh budayawan Jaya Suprana. Jaya menilai keputusan pemerintah Jokowi yang menunjuk Menko Polhukam Wiranto untuk menemui perwakilan peserta aksi tersebut sudah tepat. Hal ini dikatakannya sebagai sebuah langkah tepat untuk mendengarkan aspirasi kelompok-kelompok umat Islam.

"Sebagai wakil resmi pemerintah, apa yang dilakukan Wiranto sangat lah tepat yakni untuk mendengarkan aspirasi dan tuntutan umat Islam. Apalagi hal ini secara konsisten dilakukan oleh Wiranto sebelumnya yang pernah menemui para ulama termasuk GNPF UI dan FPI," ujar Jaya Suprana, Minggu, 3 April 2017.

Menurut pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) itu, cara Wiranto tersebut merupakan langkah sejuk pemerintah yang dapat meredam suasana panas, terlebih jelang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. "Dialog semacam ini akan meredam kegundahan umat Islam," ucap dia.

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa pemerintah dan aparat tidak perlu menanggapi demostrasi secara Horror. "Demonstrasi ditanggapi saja dengan gembira. Dengarkan aspirasi yang ada. Penuhi bila rasional dan benar," kata Dahnil. 

Namun demikian Dahnil juga tetap melihat pemerintah berupaya merangkul umat Islam. Hal ini terlihat dari langkah Menko Polhukam yang memfasilitasi pertemuan dengan kelompok muslim.

"Bagi saya apa yang dilakukan oleh Wiranto untuk menerima peserta aksi 313 kemarin merupakan bentuk tanggung jawab beliau selaku Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan," ujar Dahnil.

Sebelumnya Menko Polhukam Wiranto mengatakan bahwa Presiden Jokowi sangat memperhatikan aspirasi umat Islam. Hal ini ditunjukan dengan diterimanya langsung perwakilan aksi 313 oleh dirinya selaku wakil dari pemerintah.

Pada kesempatan itu Wiranto menerima perwakilan pendemo yang didampingi tokoh nasional Amien Rais dan menyatakan akan menyampaikan aspirasinya kepada Presiden Jokowi.

"Keinginan mereka untuk jangan ada kriminalisasi ulama, itu satu. Karena hari ini ada penangkapan para ulama," ujar Wiranto dalam jumpa pes di kantornya, Jumat, 31 Maret 2017.

Kedua minta langsung ketemu presiden, dan ketiga demonstran minta pemerintah tegas untuk memberhentikan Ahok karena ada landasan undang-undangnya," dia melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

Video Terkini