Sukses

Saat Menteri Khofifah Ajak Miss Universe Blusukan ke Radio Dalam

Iris Mittenaere berharap bantuan yang diberikan bermanfaat bagi warga

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak Miss Universe Iris Mittenaere menyalurkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Non Tunai (BPNT) di Agen Ahmad Syafei Efendi, Radio Dalam Raya, Jakarta Selatan.

"Apresiasi saya kepada Miss Universe Iris Mittenaere yang hari ini berada di tengah-tengah para ibu penerima manfaat PKH, kepeduliannya terhadap isu pemberdayaan perempuan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia," ujar Khofifah, Sabtu, 1 April 2017

Khofifah mengungkapkan PKH merupakan salah satu program untuk mempercepat pemerataan dan mengurangi kesenjangan sosial ekonomi.

Menurut Khofifah, PKH mempunyai keunggulan dilihat dari penetapan kriteria penerima yakni sembilan  persen kelompok termiskin sehingga lebih tepat sasaran.

Dalam aspek penggunaan, ada pendampingan oleh pendamping PKH. Dalam aspek penyaluran melalui jasa bank lewat rekening, bersifat nontunai sehingga terjadi perubahan pola pikir Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"PKH meningkatkan harga diri, kepercayaan dan barganing posisiton terhadap laki-laki, karena dia pegang rekening atau punya uang. Pada akhirnya ketenangan hidup dan adanya harapan yang lebih baik akan meningkatkan kualitas hidup manusia," ujar Mensos.

Khofifah juga mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian antarsesama dan kesetiakawanan sosial menuju Indonesia sejahtera. "Karena Kementerian Sosial tidak dapat berjalan sendiri, ikhtiar ini harus dilakukan bersama-sama semua pihak," kata ucap Ketua Umum Muslimat NU itu.

Sementara itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan jumlah penerima PKH kini mencapai 6 juta KPM. Sebanyak 3 juta di antaranya telah disalurkan secara nontunai melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menggunakan kartu ATM Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atas nama ibu-ibu penerima manfaat.

"Penanggung jawab penerima bansos kaum perempuan karena mereka yg mengelola penggunaan uang untuk keperluan sehari hari terutama untuk biaya pendidikan dan kesehatan serta perbaikan gizi. Kalau lebih bisa untuk modal usaha," ucap dia.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 179 KPM hadir dari Kelurahan Gandaria Utara Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Miss Universe Iris Mittenaere mengaku senang dapat ikut menyalurkan bantuan bagi warga bersama Khofifah.

"Saya sangat senang bisa bertemu ibu-ibu (penerima PKH, red) dan saya berharap semoga bantuan ini membawa kesejahteraan kepada Anda semua," tutur Iris dalam bahasa Prancis.

Bantuan sosial PKH Non Tunai di DKI Jakarta disalurkan kepada 53.124 KPM dengan jumlah bantuan sebanyak Rp100.404.360.000. Sementara BPNT disalurkan kepada 212.948 KPM dengan jumlah bantuan sebesar Rp281.091.360.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini