Sukses

Perjalanan KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Dimulai Hari Ini

PT KCJ mengoperasikan 16 perjalanan pulang-pergi yang melayani para pengguna di lintas Rangkasbitung-Tanah Abang.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai 1 April 2017 telah mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten. PT KCJ mengoperasikan 16 perjalanan pulang-pergi yang melayani para pengguna di lintas Rangkasbitung-Tanah Abang.

Jadwal KRL pertama dari Stasiun Rangkasbitung menuju stasiun Tanah Abang adalah pukul 04.00 WIB. Sementara jadwal KRL terakhir pemberangkatan Rangkasbitung pukul 20.40 WIB.

Sebaliknya, jadwal KRL pertama dari Stasiun Tanah Abang menuju Rangkasbitung adalah pukul 05.50 WIB dan jadwal KRL terakhir pemberangkatan Stasiun Tanah Abang menuju Rangkasbitung pukul 21.45 WIB.

"Dalam pengoperasian ini, jarak waktu antar kereta atau headway di lintas Tanah Abang-Rangkasbitung berada di kisaran 30 sampai dengan 60 menit," ujar Humas PT KJC Eva Choirunisan di Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

Menurut Eva, pada hari pertama pengoperasian KRL Rangkasbitung Sabtu 1 April ini, antusiasime para pengguna cukup tinggi. Mereka yang biasanya menggunakan KA lokal, kini mulai membiasakan diri dengan menggunakan KRL.

Dari data tiket elektronik, sejak KRL pemberangkatan pertama sampai dengan pukul 11.30 WIB ini tercatat sekitar 3.478 penumpang membeli tiket KRL di Stasiun Rangkasbitung. Sementara itu di Stasiun Tanah Abang tercatat sekitar 980 penumpang membeli tiket KRL baik tujuan Stasiun Rangkasbitung maupun Citeras.

Tidak hanya Tiket Harian Berjaminan (THB), kata Eva, cukup banyak pula pengguna yang memutuskan membeli Kartu Multi Trip (KMT) di Stasiun Rangkasbitung agar lebih mudah dalam menggunakan KRL dan terhindar dari antrean di loket. Sejak pagi, 439 unit KMT telah terjual di Stasiun Rangkasbitung.

"Hal ini sejalan dengan program PT KCJ untuk mengajak lebih banyak pengguna jasa menggunakan tiket berlangganan KMT dengan sistem potong saldo dan tanpa masa kedaluwarsa," kata dia.

Penggunaan KMT, kata Eva, akan memudahkan aktivitas menggunakan KRL lantaran penumpang tidak perlu lagi antre di loket untuk melakukan transaksi tiket setiap akan melakukan perjalanan KRL.

Selama saldo minimum tercukupi, maka penumpang dapat langsung menuju gate tanpa perlu antre di loket stasiun. KMT dapat diperoleh dengan mudah dan tersedia di loket seluruh stasiun KRL.

PT KCJ, kata Eva, juga mengimbau para calon pengguna untuk tidak merokok di area stasiun dan di dalam rangkaian KRL serta, memperhatikan ketentuan terkait barang bawaan serta aturan dan larangan di dalam KRL. Adapun dimensi barang bawaan yang diperbolehkan adalah maksimum berukuran 100 cm x 40 cm x  30 cm.

"Para pengguna juga tidak diperkenankan untuk makan, minum, membuang sampah sembarangan, dan duduk di lantai KRL," ucap Eva.

Selain itu, kata Eva, demi kenyamanan dan keselamatan, pengguna jasa juga diminta untuk menjaga kebersihan dan selalu menunggu di belakang garis kuning peron sebagai batas aman penumpang menunggu KRL. Serta tidak memaksakan diri untuk naik apabila KRL penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.