Sukses

Aksi 31 Maret, Polisi Mulai Blokade Jalan Menuju Istana Merdeka

Aksi 31 Maret akan dimulai pada waktu salat Jumat di Masjid Istiqlal

Liputan6.com, Jakarta - Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi 31 Maret 2017 di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sebelum menuju Istana Merdeka, para massa telah berkumpul di Masjid Istiqlal sejak pagi tadi.

Pihak Kepolisian dari Polda Metro mulai mengantisipasi pergerakan massa yang akan menuju Istana Merdeka. Blokade jalan pun diterapkan petugas di sepanjang Jalan Merdeka Utara.

Pantauan di lokasi, Jumat (31/3/2017), bentangan kawat berduri mulai terlihat menutupi jalan tersebut. Tepatnya di depan kantor Kementerian Dalam Negeri.

Selain membentangkan kawat berduri, petugas juga menyiapkan kendaraan taktis di sepanjang jalan tersebut. Semisal, kendaraan water cannon dan barracuda.

Tak hanya itu, beberapa personel kepolisian dari Brimob Polda Metro Jaya dan TNI juga terlihat berjaga di sekitar Istana Merdeka. Mereka mempersiapkan tameng untuk menghalau massa aksi 31 Maret.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Sementara, sejumlah jalan menuju Istana Merdeka juga ditutup oleh petugas. Mereka memberlakukan pengalihan arus lalu lintas.

Seperti di Jalan Merdeka Barat, tepatnya di Bundaran Patung Kuda sudah dilakukan penutupan jalan. Sehingga arus lalu lintas dari arah Jalan MH Thamrin menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat ditutup sementara. Kendaraan dialihkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

Kemudian pengalihan arus juga dilakukan di Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Istana Negara. Kendaraan di jalur ini, diarahkan ke Jalan Perwira. Selain itu, kendaraan dari arah Jalan Juanda dan Harmoni juga tak bisa melintas ke arah Istana Negara. Mereka dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto.

Aksi 31 Maret akan dimulai pada waktu salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Aksi ini akan diisi dengan kegiatan longmarch mulai dari Masjid Istiqlal hingga Istana Merdeka. Nantinya massa akan diarahkan untuk berputar melewati Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.