Sukses

Diduga Curi Ponsel, Pemuda Nyaris Diamuk Massa Aksi 31 Maret

Pelaku sempat dikejar oleh korban dan diikuti oleh beberapa peserta aksi 31 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemuda bernama Andi Ginting hampir menjadi bulan-bulanan massa Aksi 313. Ia diduga mencuri telepon genggam di depan Masjid Istiqlal saat aksi 31 Maret itu berlangsung.

Korban bernama Aldi (16) mengatakan awalnya dia dihampiri oleh pelaku yang mengaku sebagai petugas Masjid Istiqlal.

"Kemudian dia bilang katanya di Istiqlal banyak yang kehilangan handphone," kata Aldi di kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017).

Ketika diajak mengobrol, ujar Aldi, tiba-tiba pelaku meminta telepon genggamnya. Pelaku berdalih ingin memeriksa telepon genggam miliknya.

"Pas kemudian handphone sudah dipegang dia, dia langsung lari dan kabur. Saya sama teman saya Didit langsung ngejar," tutur Aldi.

Beruntung, pelaku dapat ditangkap oleh Aldi bersama rekan-rekannya. Pelaku pun hampir diamuk oleh peserta aksi lainnya. Namun, petugas Satpol PP dan Kepolisian yang melihat kejadian tersebut langsung mengamankan pelaku.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, petugas kepolisian mengatakan, pelaku akan dibawa ke Polsek Sawah Besar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Pelaku kita amankan, kita bawa ke Polsek Sawah Besar," ucap Aipda Roni.

Aksi 313 rencananya dihadiri oleh massa dari berbagai ormas Islam. Unjuk rasa bertajuk Aksi Bela Islam 313 ini akan dimulai pada waktu salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sekjen FUI Muhammad al Khaththath mengatakan aksi 313 akan diisi dengan kegiatan longmarch mulai dari Masjid Istiqlal hingga Istana Merdeka. Nantinya massa akan diarahkan untuk berputar melewati Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini