Sukses

Gempa 5,1 SR Goyang Bengkulu, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Saat gempa goyang Bengkulu,Neni langsung berlari meninggalkan kompor yang masih menyala.

Liputan6.com, Bengkulu - Gempa bumi 5,1 menggoyang Bengkulu pada Jumat (31/3/2017) pagi. Getaran gempa tersebut membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Neni Triana, warga Kelurahan Penurunan Kecamatan Ratu Samban mengaku kaget saat sedang melakukan aktivitas memasak di dapur. Saat merasakan getaran gempa bumi, dia langsung meninggalkan rumah dan berkumpul bersama puluhan warga lain.

"Saya langsung berlari saja, kompor yang masih menyala saya tinggalkan," ungkap Neni di Bengkulu.

Goyangan gempa hanya ia rasakan beberapa saat dan belum ada gempa susulan. Warga kemudian langsung kembali beraktivitas seperti biasa.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Febri Surgiansyah mengatakan, posisi gempa berada pada koordinat 16 Bujur Timur dan 102,16 Lintang Selatan sejauh 78 Kilometer arah baray daya Kota Bengkulu dengan kedalaman 16 kilometer.

"Tidak berpotensi Tsunami," kata Febri.

Gempa tektonik ini dipicu pergeseran subduksi lempeng Indoaustralia dan Euroasia. Kemungkinan terjadi gempa susulan sangat tinggi, sebab pergeseran posisi lempeng ini masih belum stabil, tetapi waktunya tidak bisa diprediksi.

"Kepada warga tetap waspada saja (jika ada gempa bumi susulan)," kata Febri Surgiansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.