Sukses

Lawan Narkoba, Yasonna Minta Jajaran Lapas Tingkatkan Integritas

Menteri Yasonna mengajak seluruh pihak sama-sama memperbaiki diri untuk membangun lapas yang lebih baik lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly memimpin Apel Siaga Kami Kerja, PASTI Bersih Melayani. Apel ini dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Jakarta Timur hari ini.

"Sebagai institusi penegak hukum, kita wajib melakukan pembenahan melalui upaya reformasi hukum dengan melakukan pemberantasan pungli dan peredaran gelap narkotika agar menjadikan pemerintah yang bersih, jujur, dan adil," kata Yasonna dalam pidatonya, Jumat (31/3/2017).

Yasonna juga mengajak dan mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran lapas untuk segera berbenah diri, dan meningkatkan integritas dalam upaya melawan peredaran narkotika.

Dia juga menginstruksikan kepada Petugas Pengaman Pintu (P2U), wajib melakukan penggeledahan secara terus menerus terhadap siapa pun dan apa pun yang melewati pintu utama. Mereka bertanggung jawab penuh jika terjadi penyimpangan terhadap pegawainya.

"Kepala rutan dan lapas serta seluruh pejabat struktural harus mendampingi petugas P2U saat melakukan penggeledahan melalui mekanisme piket, serta mencatat dan melaporkan kepada pimpinan P2U yang tidak melakukan penggeledahan dan yang menolak untuk digeledah," tegas Yasonna.

Politikus PDIP itu juga mengajak agar seluruh pihak sama-sama memperbaiki diri untuk membangun lapas yang lebih baik lagi.

"Hari ini saya mengajak saudara di tengah keterbatasan kita, saya ajak kita semua terus memperbaiki diri. Sudah tiba saatnya lakukan perubahan mental dalam lapas rutan," kata Yasonna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.