Sukses

Ini Cara PIP Makassar Mengabdi kepada Masyarakat

Tak hanya aktif dalam kegiatan belajar di kampus, Taruna PIP Makassar juga aktif membantu penegak hukum mensosialisasikan program.

Liputan6.com, Makassar Tak hanya aktif dalam kegiatan belajar di kampus, PIP Makassar merupakan salah satu kampus yang aktif membantu kepolisian dalam mensosialisasikan program tertib berlalu lintas kepada masyarakat umum.

"Oh iya itu hampir menjadi rutinitas kita disini membantu Polres Pelabuhan dalam mewujudkan masyarakat sadar berlalu-lintas dengan baik," kata Ahmad salah seorang taruna senior di Kampus PIP Makassar.

Selain karena permintaan langsung Pihak Polres Pelabuhan Makassar, para taruna PIP Makassar juga sejak awal punya program keluar demikan dalam membangun sinergitas salah satunya membantu dalam sosialisasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat umum khususnya pengguna jalan raya di Kota Makassar.

"Selain bagian dari wujud pengabdian, para taruna juga sadar dengan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya yang masih terbilang sangat tinggi. Sehingga disitu kami diajarkan untuk ikut andil tergerak bagaimana angka statistik itu dapat ditekan," kata warga Jalan Cenderawasih Makassar tersebut.

Menurutnya, hampir banyak faktor yang mempengaruhi tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Selain karena kondisi jalan yang perlu dibenahi juga yang paling utama masyarakat pengguna jalan punya etika berlalu lintas atau tidak melanggar aturan yang ada selama berkendara.

"Selain karena faktor alam, paling sering itu karena faktor human error dimana karena pengguna jalan raya khususnya pengendara tidak sadar akan bahaya atau kata lain lalai karena perbuatannya sendiri," jelas Ahmad.

Selain membantu aparat kepolisian dalam mensosialisasikan program tertib lalu lintas, para taruna PIP Makassar juga sering terlibat dalam sosialisasi bahaya narkoba bagi kalangan anak muda kota Makassar khususnya.

"Kita sosialisasi sering langsung terjun ke mall mall atau tempat tempat dimana kalangan remaja berkumpul dan mengajarkan bagaimana cara menjaga sikap agar terjauh dari penyalahgunaan narkoba. Itu sudah komitmen para taruna di PIP Makassar," ujarnya.

 

Powered By:

BPSDM Kementerian Perhubungan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.