Sukses

Polri: Singapura Negara Untouchable

Polri menilai Singapura tidak kooperatif membantu Indonesia dalam memulangkan buronan koruptor.

Liputan6.com, Jakarta - Singapura dianggap sebagai negara yang paling aman bagi para pelaku kejahatan korupsi khususnya buronan dari Indonesia. Sejumlah tersangka kasus korupsi tercatat kabur ke Negeri Singa tersebut. Bahkan, polisi dan jaksa kesulitan memulangkan mereka.

Sebut saja Muhammad Nazaruddin dan Nunun Nurbaeti. Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat dan istri mantan Wakapolri Adang Darajatun itu pergi ke Singapura dengan alasan sakit.

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Saiful Maltha mengeluhkan situasi ini. Dia menilai Singapura tidak kooperatif membantu Indonesia dalam memulangkan buronan koruptor.

"Negara Singapura itu untouchable sekarang. Susah banget. Dia merasa, negaranya banyak yang membutuhkan. Jadi suka-suka dia," kata Maltha di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut dia, berbagai cara telah ditempuh Polri untuk melobi Singapura agar bisa menjalin kerja sama terkait ekstadisi dan Mutual Legal Assitance (MLA) atau bantuan hukum timbal balik. Namun hingga saat ini, permohonan itu tidak ditanggapi oleh Singapura.

"Bahkan kita sempat melobi mereka (Singapura), tidak juga mau mereka itu," ucap Maltha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini