Sukses

Plt Gubernur DKI: Jakarta Provinsi Terbaik dalam Open Governance

DKI Jakarta merupakan provinsi di Indonesia dengan keterbukaan pemerintahan terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menegaskan secara pemprov sudah sangat terbuka dalam menjalankan roda pemerintahan. Hal ini dibuktikan, salah satunya, dengan adanya kegiatan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan di setiap wilayah.

"Itu bagian dari konsep good governance, di mana salah satu di antaranya transparansi di sampingnya akuntabilitas dan partisipasi," ucap Sumarsono di Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

Sebagai Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), dia mengklaim DKI Jakarta merupakan provinsi di Indonesia dengan keterbukaan pemerintahan terbaik.

"Bisa cek langsung di YouTube, pengaduan bisa kapan aja. Malam-malam nanya ke gubernur juga dilayani," jelas Sumarsono.

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat telah mengungkapkan mengenai open government atau birokrasi terbuka Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah berjalan sejak empat tahun yang lalu.

Menurut Djarot, salah satu bentuk kegiatan yang menggambarkan keterbukaan tersebut seperti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Tidak hanya itu, dia mengatakan adanya unggahan video rapat di media sosial juga merupakan bentuk birokrasi terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.