Sukses

Dukcapil DKI Kejar Target Perekaman Ribuan E-KTP Warga

Dukcapil DKI menyanggah pengejaran target e-KTP ini terkait pelaksanaan Pilkada DKI putaran dua.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI, tengah mengejar target perekaman e-KTP, bagi warga DKI, salah satunya di Jakarta Pusat (Jakpus).

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakpus, Remon Masadian mengatakan di wilayahnya ada sekitar 828.293 warga wajib KTP. Namun, total yang belum merekam e-KTP sebanyak 2.039 orang.

"Data per 19 Maret 2017, masih ada 2.039 lagi penduduk yang belum merekam," kata Remon kepada Liputan6.com, Kamis (30/3/2017).

Menurut Remon, pengejaran perekaman e-KTP ini merupakan kewajiban pemerintah daerah dalam mendukung program e-KTP pemerintah pusat. Dia menepis hal ini berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada DKI putaran dua pada 19 April 2017.

"Enggak ada sama sekali kaitannya dengan Pilkada DKI itu," kata Remon.

Remon menambahkan pihaknya telah menurunkan petugas untuk mengecek data warga terkini. Termasuk, mendata warga lansia yang jumlahnya diperkirakan masih banyak yang belum merekam e-KTP.

"Bisa jadi sudah pindah dari Jakarta namun di daerah tujuan belum melapor perekaman, sehingga datanya masih di kita. Kita sekarang sudah cek by alamat," kata Remon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) adalah kartu pengenal yang dikomputerisasi secara fisik dan penggunaannya.
    Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) adalah kartu pengenal yang dikomputerisasi secara fisik dan penggunaannya.

    E-KTP

Video Terkini